Penerima Tunjangan Profesi Diimbau Lengkapi Berkas

Palembang, BP

Meski sudah memiliki Surat Keputusan (SK) sebagai penerima tunjangan profesi, namun untuk pencairan dana tersebut para guru tetap harus melengkapi sejumlah berkas. Untuk itu, diharapkan guru-guru yang sudah memiliki SK melakukan pemberkasan.

Jumlah tenaga pendidik non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan menerima dana sebanyak 420 orang. Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Parida, mengatakan, sampai saat ini baru 271 guru non PNS telah menyerahkan berkas yang dibutuhkan.

Adapun dana yang akan diterima masing-masing sebesar Rp1.500.000 per bulan. Sedangkan untuk guru PNS pemberkasan melalui kabupaten/kota masing-masing dan jumlah dana yang mereka terima baik yang PNS serta yang sudah di-impasing sesuai gaji pokok.

“Untuk guru non PNS pemberkasan langsung ke Disdik provinsi dan mudah-mudahan pertengahan April ini sudah dapat dicairkan, asal berkasnya sudah diserahkan secara lengkap. Untuk itu, diharapkan mereka segera menyerahkan berkas yang dibutuhkan ke Disdik provinsi,” kata Parida, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/4).

Ia melanjutkan adapun berkas yang harus diserahkan tersebut, yakni surat pernyaaan dari ketua yayasan, SK pembagian tugas dan jadwal dari kepala sekolah, legalisir sertifikat profesi bagi yang baru lulus sertifikasi, SK terakhir, SK impasing jika sudah ada, fotocopy rekening tabungan, saldo terakhir dan NPWP. Semua instrumen tersebut dikumpulkan ke dalam satu berkas dan langsung diserahkan.

Sementara itu, untuk pencairan tunjangan fungsional belum dapat dipastikan, karena sesuai dengan aturan pencairan dilakukan setiap enam bulan sekali, dengan asumsi perubahan jadwal pelajaran setiap enam bulan, namun untuk tahun ini belum sampai enam bulan. Adapun jumlah guru yang telah memiliki SK tunjangan fungsional yakni sebanyak 2.116. Akan tetapi baru 1.440 guru yang telah melengkapi berkas.

“Rencananya pencairan dana dilaksanakan secara bersamaan dengan tunjangan profesi, namun semua itu masing menunggu keputusan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Apabila, jika tidak di setujui KPPN, pencairan tetap akan dilakukan April, tapi hanya untuk tiga bulan,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyelurkan tunjangan khusus bagi guru non PNS yang bertugas di daerah terpencil, sebanyak 82 orang. Dimana jumlah dana yang akan diterima sesuai dengan jumlah pendapatan yang diterima setiap bulan. /ris