Naskah & LJK UN Sudah Tiba

Palembang, BP

Naskah Ujian Nasional (UN) 2012 untuk tingkat SMA/SMK/MA sudah tiba di Palembang pada Minggu (8/4) malam. Sebelum soal didistribusikan ke-15 kabupaten/kota di Sumsel akan dilakukan serah terima dari pihak percetakan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, di gudang PT POS, Selasa (10/4).

Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) 2012 Sumsel Iryato, mengatakan sejak Minggu malam naskah soal dan LJ sudah tiba, sekarang disimpan di gudang PT POS Logistik di kawasan Musi Dua Palembang. Namun, belum dapat diturunkan dari kendaraan yang digunakan untuk mengirim, karena belum dilakukan serah terima dari percetakan ke Kemdikbud RI.

“Sejak Sabtu soal sudah dikirim dari percetakan dan Minggu malam tiba di Palembang dengan menggunakan empat truk, yang sampai saat ini masih ada di dalam kendaraan tersebut. Rencananya besok (hari ini-red) akan dilakukan serah terima dari percetakan pada Kemdikbud, sekaligus mereka akan menyerahkan kaset untuk mata uji bahasa Inggris, dimana terdapat 15 soal,” katanya.

setelah dilakukan serah terima, naskah soal akan dipecah sesuai dengan jumlah yang akan diterima setiap kabupaten/kota. Sebab, naskah yang akan dikirim sesuai dengan jumlah peserta dan tidak ada soal cadangan. Dalam hal ini rencananya pengiriman tetap menggunakan empat truk dengan empat jalur seperti tahun lalu.

Adapun jalur yang akan digunakan yakni Banyuasin, Muba, Lubuk Linggau, dan Mura. Serta Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Pagaralam dan OKUS. Kemudian, Ogan Ilir, OKI, OKU, dan OKU Timur. Serta untuk Palembang pengiriman tersendiri dan dilakukan H-1.

“Untuk itu Kamis nanti kami akan mengundang tiap penanggungjawab dari masing-masing kabupaten/kota untuk menjelaskan isi setiap box dan pendistribusian akan mulai dilakukan Jumat (13/4) untuk kabupaten/kota paling jauh,” paparnya. /ris